cover
Contact Name
Sofyan Abdi
Contact Email
sofyanabdi.fkip@uia.ac.id
Phone
+6282165079943
Journal Mail Official
journalguidance.fkip@uia.ac.id
Editorial Address
Gd. Alawiyah Lt. 3, Jln. Raya Jatiwaringin No. 12 Pondok Gede, Jakarta, 17411 Tel / fax : 082165079943
Location
Kota bekasi,
Jawa barat
INDONESIA
Guidance: Jurnal Bimbingan dan Konseling
ISSN : 19786794     EISSN : 27155307     DOI : 10.34005
Guidance : Jurnal Bimbingan dan Konseling is an open access journal and peer-reviewed that published either original article or reviews. this journal focuses on #Guidance and Counseling Islamic #Counseling Multicultural #School Counseling #Counselor Education #Child and Adolescent Counseling #Adult and Elder Counseling #Crisis and Risk Counseling #Occupational Counseling #Cyber Counseling #Technology usage in Counseling #Counseling and Guidance for Special Education
Arjuna Subject : Umum - Umum
Articles 5 Documents
Search results for , issue "Vol 16 No 02 (2019): Guidance : Jurnal Bimbingan dan Konseling" : 5 Documents clear
PENGARUH BIMBINGAN KELOMPOK DENGAN TEKNIK MIND MAPPING TERHADAP KEDISIPLINAN PENGGUNAAN GADGET DI SMA ANGKASA 2 JAKARTA Hijrah Andriani Khatulistiwa; Thrisia Febrianti; Salohot Batubara
Guidance : Jurnal Bimbingan dan Konseling Vol 16 No 02 (2019): Guidance : Jurnal Bimbingan dan Konseling
Publisher : Prodi Bimbingan dan Konseling Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan | Universitas Islam As-Syafi'iyah

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.34005/guidance.v16i02.569

Abstract

This study aims to determine the effect of group guidance with mind mapping techniques on the discipline of using gadgets in SMA Angkasa 2 Jakarta. The population in this study were 108 students and a sample of 18 students were determined by simple random sampling. This research is a quantitative study with the method used is Quasi Experiment type Pretest-Posttest Control Group Design. Analysis of the data used is the T-Test with the help of SPSS 22.0 for Windows. The results showed that the discipline of using gadgets in the experimental group increased as evidenced by the paired sample t test with an error level of 5%, then the tcount> ttable (3,390> 2,306) which means that H0 was rejected and Ha was accepted. In the control group differed greatly from the experimental group as evidenced in the paired sample test t test with an error level of 5%, then the tcount> ttable (-0.403 <2,306) which means that H0 was accepted and Ha was rejected.
PENGARUH KONSELING KELOMPOK GESTALT DENGAN TEKNIK PERMAINAN DIALOG UNTUK MENGURANGI TINGKAT KETERISOLASIAN SISWA KELAS VIII SMP NURUL ISLAM JAKARTA Dinda Kurnia Lisdianti; Sabar Lesmana; Amir Erwin
Guidance : Jurnal Bimbingan dan Konseling Vol 16 No 02 (2019): Guidance : Jurnal Bimbingan dan Konseling
Publisher : Prodi Bimbingan dan Konseling Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan | Universitas Islam As-Syafi'iyah

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.34005/guidance.v16i02.573

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji pengaruh konseling kelompok Gestalt dengan teknik permainan dialog untuk mengurangi tingkat keterisolasian siswa. Metode yang digunakan quasi eksperiment, desain penelitian nonequivalent control group design. Melibatkan 14 siswa, 7 siswa sebagai kelompok eksperimen dan 7 siswa sebagai kelompok kontrol. Kelompok eksperimen diberikan treatment, sedangkan kelompok kontrol tidak diberikan treatment. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kelompok eksperimen yang diberikan treatment mengalami penurunan keterisolasian sedangkan kelompok kontrol yang tidak diberikan treatment adanya sedikit penurunan.
EFEKTIVITAS LAYANAN KONSELING KELOMPOK DENGAN TEKNIK SHAPING UNTUK MENGURANGI PERILAKU PROKRASTINASI AKADEMIK SISWA DI SMPN 200 JAKARTA Niha Yatuz Zahra; Ari Sumitro; Thrisia Febrianti
Guidance : Jurnal Bimbingan dan Konseling Vol 16 No 02 (2019): Guidance : Jurnal Bimbingan dan Konseling
Publisher : Prodi Bimbingan dan Konseling Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan | Universitas Islam As-Syafi'iyah

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.34005/guidance.v16i02.574

Abstract

Penelitian ini dilakukan di kelas VII SMPN 200 Jakarta, dengan menggunakan layanan konseling kelompok dengan teknik Shaping untuk mengurangi perilaku prokrastinasi akademik pada siswa. Berdasarkan hasil wawancara dapat diketahui siswa yang mempunyai perilaku prokrastinasi akademik.. Jenis penelitian ini adalah quasi eksperimen design dengan jenis pre-test dan post-test Control Group Design. Teknik pengambilan data menggunakan random sampling. Dengan populasi 246 siswa berjumlah 20 orang. Teknik Analisis data yang digunakan adalah Uji-T menggunakan SPSS 22.0 for Windows. Hasil penelitian ini diketahui terdapat penurunan prokrastinasi siswa setelah dilakukan treatment shaping dengan diperoleh nilai (df) 9 kemudian dibandingkan dengan ttabel 0,05 = 2.101 maka thitung diperoleh 5.614, jadi thitung > ttabel ( 5.614 > 2.101), artinya Ha diterima dan Ho di tolak, ini menunjukkan bahwa layanan konseling kelompok dengan teknik shaping efektif dan dapat menurunkan perilaku prokrastinasi akademik pada siswa kelas VII di SMP Negeri 200 jakarta.
EFEKTIFITAS LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK DENGAN PENDEKATAN RATIONAL EMOTIVE BEHAVIOR THERAPY (REBT) UNTUK MENINGKATKAN HUBUNGAN SOSIAL Nada Mu' afa; Sofyan abdi; Salohot Batubara
Guidance : Jurnal Bimbingan dan Konseling Vol 16 No 02 (2019): Guidance : Jurnal Bimbingan dan Konseling
Publisher : Prodi Bimbingan dan Konseling Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan | Universitas Islam As-Syafi'iyah

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.34005/guidance.v16i02.727

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektifitas bimbingan kelompok untukmeningkatkan hubungan sosial pada siswa. Metode penelitian ini menggunakan QuasiEksperimen dengan desain penelitian Nonequivalent Control Group Design. Melibatkan16 siswa, 8 siswa sebagai kelompok eksperimen dan 8 mahasisiwa sebagai kelompokkontrol. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kelompok eksperimenyang diberikan treatment mengalami peningkatan hubungan sosial sedangkan kelompokkontrol tidak mengalami peningkatan.
EFEKTIVITAS KONSELING KELOMPOK DENGAN TEKNIK TIME MANAGEMENT UNTUK MENIMALISIR PROKRASTINASI MENGHAFAL AL-QUR’AN DI PONDOK PESANTREN KHUSUS YATIM AS-SYAFI’IYAH Yudi Supriyadi; Dwi Endrasto Wibowo
Guidance : Jurnal Bimbingan dan Konseling Vol 16 No 02 (2019): Guidance : Jurnal Bimbingan dan Konseling
Publisher : Prodi Bimbingan dan Konseling Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan | Universitas Islam As-Syafi'iyah

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.34005/guidance.v16i02.726

Abstract

This research aims to examine the effect of Effectiveness of Group Counseling with Time Management Techniques to Minimize the Procrastination of Memorizing Al-Qur'an.This method used is Quasi Experiment with the design Pretest-Posttest Control Group Design. Involve 18 students, 9 students as an Experiment Group and 9 other students as a Control Group. The data results that (F= 9.377; p<.000) Means H0 ia rejected and H1 is accepted. The conclusion of the data is Group Counseling with the Time Management is Effective in Minimazing the Procrastination of Memorizing Al-Qur'an.

Page 1 of 1 | Total Record : 5